SEMINAR NASIONAL Quo Vadis Kelembagaan Sektor Publik

SEMINAR NASIONAL

Quo Vadis Kelembagaan Sektor Publik:

Revitalisasi Kelembagaan Eksekutif, Legislatif, dan Yudikatif

&

Pemilihan dan Pelantikan Pengurus IAPA Jawa Barat

 

PENDAHULUAN

Pada umumnya tuntutan yang muncul kepada lembaga publik adalah melakukan reformasi kelembagaan padahal reformasi hanya sebatas menyentuh pada aspek perubahan inkremental yang meliputi beberapa aspek saja. Saat ini yang dibutuhkan oleh lembaga publik bukan hanya sekedar melakukan reformasi melainkan melakukan revitalisasi fungsi dan struktur sebagai bentuk penguatan kelembagaan. Revitalisasi kelembagaan merupakan sebuah fenomena yang lazim dilakukan oleh berbagai organisasi baik organisasi privat maupun organisasi publik. Pemicu utamanya adalah pada penguatan cara kerja dan hasil kerja lembaga sebab selama ini kedua hal tersebut dianggap belum sesuai dengan ekspektasi. Bahkan perubahan lingkungan organisasi juga menuntut agar organisasi secara berkesinambungan melakukan revitalisasi kelembagaan sebagai sebuah upaya rasional untuk mempertahankan eksistensi organisasi.

Pada sektor publik, tuntutan revitalisasi kelembagaan lahir sebagai konsekuensi dari proses demokratisasi. Era keterbukaan dalam demokrasi menghadapkan sektor publik pada kenyataan bahwa mereka harus mengakomodir tuntutan dan ekspektasi masyarakat terhadap lembaga publik. Apalagi masyarakat merasa bahwa sebagai pembayar pajak berhak untuk memperoleh pelayanan yang optimal dari lembaga publik.

Jresait (2011) berpendapat bahwa birokrasi sebagai lembaga publik tidak hanya ada pada tubuh cabang kekuasaan eksekutif saja, melainkan juga terdapat dalam lembaga legislatif dan yudikatif. Namun, pada umumnya tuntutan revitalisasi kelembagaan lebih banyak ditujukan kepada lembaga eksekutif. Oleh karenanya, perlu ditelusuri lebih mendalam mengenai interkoneksitas jaringan antar lembaga dalam hal tata kelola baik antar eksekutif, legisatif maupun yudikatif. Sebab jalinan tersebut tidak dapat dipisahkan antar satu lembaga dengan lembaga lainnya. Belum sempurnanya koordinasi dan komunikasi lintas lembaga menjadi salah satu penyebab masalah kelembagaan sektor publik ini semakin bertambah kompleks.

Berangkat dari pemahaman tersebut, maka dibutuhkan sebuah forum kajian ilmiah yang mendalam dan komprehensif untuk mendiskusikan dan memberikan rekomendasi bagi penataan kelembagaan sektor publik yang lebih efektif dan lebih efisien dalam bentuk sebuah Seminar Nasional dengan tajuk: “Quo Vadis Kelembagaan Sektor Publik: Revitalisasi Kelembagaan Eksekutif, Legislatif, danYudikatif.”

 

TANGGAL PENTING

Batas akhir bagi Pemakalah untuk melakukan:

–          Pendaftaran Pemakalah

–          Pengunggahan Abstrak & Makalah (TANPA SELEKSI ABSTRAK)

–          Pengunggahan Bahan Presentasi Makalah

16 Oktober  2017 diundur hingga tanggal 03 November 2017 untuk membuka kesempatan yang lebih luas bagi calon Pemakalah untuk berpatisipasi
Batas akhir pendaftaran peserta 20 NOVEMBER 2017

BIAYA PENDAFTARAN

Biaya pendaftaran Pemakalah Rp 500.000,- untuk satu penulis sedangkan jika terdapat penulis kedua dan ketiga, masing-masing penulis tambahan tersebut membayar Rp. 400.000,-
Biaya pendaftaran Peserta Rp 300.000,-

Biaya pendaftaran dikirimkan ke rekening:

Bank BNI

No. Rek.: 016 394 7035

Atas Nama: Kristian Widya Wicaksono

 

Fasilitas yang didapatkan antara lain:

  1. Sertifikat
  2. Seminar kit
  3. Lunch and coffee break
  4. Makalah yang dipresentasikan akan dimuat di dalam proceeding ber-ISSN

 

(Catatan: Biaya Akomodasi dan Transportasi DITANGGUNG oleh masing-masing Peserta dan Pemakalah)

 

PROSEDUR REGISTRASI

Bagi Pemakalah

Dipersilahkan untuk memiliki akun Gmail, mengisi formulir pada tautan  http://bit.ly/2ywoLKK dan mengunggah dokumen diantaranya:

  1. Abstrak dan Makalah dalam format MS Word sesuai dengan Panduan Penulisan Makalah yang dapat diunduh di sini
  2. Presentasi Makalah dalam format MS Power Point
  3. Scan Pernyataan Bebas Plagiarisme yang sudah ditandatangani di atas meterei Rp. 6000 dalam format PDF atau JPEG sesuai dengan format yang dapat diunduh di sini
  4. Scan atau screenshot Bukti Pembayaran sebagai Pemakalah dalam format PDF atau JPEG ( Jika dua penulis maka jumlah dana yang ditransferkan Rp. 900.000,- sedangkan jika tiga penulis maka Rp. 1.300.000,-)

Paling lambat tanggal 3 November 2017 (uang yang telah dibayarkan tidak bisa dikembalikan)

Bagi Peserta

Dipersilahkan untuk memiliki akun Gmail, mengisi formulir pada tautan http://bit.ly/2waoOKp dan mengunggah dokumen berupa scan atau screenshot pembayaran pendaftaran sebagai peserta dalam format PDF atau JPEG paling lambat tanggal 20 November 2017 (uang yang telah dibayarkan tidak bisa dikembalikan)

(Catatan: Pengurus IAPA Jawa Barat yang akan hadir sebagai peserta dipersilahkan mendaftar dalam tautan Peserta)

 

TAUTAN PENTING

Registrasi Pemakalah                                     : http://bit.ly/2ywoLKK

Panduan Penulisan Makalah                        : klik disini

Format Pernyataan Bebas Plagiarisme       : Download disini

Registrasi Peserta                                           : http://bit.ly/2waoOKp

Susunan Acara                                                : klik disini

Poster Kegiatan                                              : klik disini

 

CONTACT PERSON

  • William Tandi Wijaya                  HP. & WA       0813-2396-1174
  • Andromeda Arizal Fathano         HP. & WA       0821-3033-4137

 

X