Mata Kuliah/Silabus

MKU001 PENDIDIKAN PANCASILA

Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) Pendidikan Pancasila berupaya menelaah atau mengkaji berbagai fenomena hidup bangsa dan Negara Indonesia sebagai sebuah ruang publik dengan menggunakan pendekatan hermeneutika (filsafat) dan pendidikan nilai (pedagogic). Dengan bantuan hermeneutika mahasiswa diajak berpikir kritis terhadap segala bentu ideologisme Pancasila dan melalui pendidikan nilai mahasiwa dilatih untuk memiliki nilai Pancasila. Nilai pembangunan diri intra-personal dan relasi inter-personal dapat tertanam melalui Pendidikan Pancasila yang tujuannya adalah membangun kepribadian (character building) manusia Indonesia yang utuh, baik menyangkut aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Dengan demikian, Pendidikan Pancasila mengajak mahasiswa menilai realitas ruang publik sehari-hari secara mandiri dengan panduan nilai-nilai etis Pancasila tersebut.

MKU002 PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Pendidikan Kewarganegaraan menjelaskan arti pentingnya pendidikan nilai kepribadian nasional melalui pemahaman tentang identitas nasional Indonesia,   hak dan kewajiban warga negara Indonesia serta hubungannya dengan hak dan kewajiban azasi manusia, Wawasan Nusantara, Ketahanan Nasional, Politik dan Strategi Nasional (Geopolitik dan Geostrategi), Demokrasi Indonesia serta implementasinya sebagai warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan ber-Negara Kesatuan (Proklamasi, 1945) Republik Indonesia.

MKU003 AGAMA KATOLIK

Agama dapat menjadi sumber inspirasi untuk membangun peradaban. Sebaliknya agama juga dapat menjadi pemahaman dan penghayatan yang dangkal. Kuliah Pendidikan Agama Katolik mengajak peserta untuk lebih memahami dan menghayati substansi agama Katolik melalui problematik kehidupannya, agar dapat mempertanggungjawabkan imannya secara rasional sekaligus membumi. Selain tatap muka di kelas peserta diajak merefleksikan problematik kehidupan yang nyata melalui kegiatan exposure atau refleksi film. Materi yang disajikan: agama dan beragama, wahyu dan iman, pewartaan tentang Kerajaan Allah, situasi kehidupan yang melingkupi Gereja, Ajaran Sosial Gereja, dialog intra dan antar agama.

MKU004 FENOMENOLOGI AGAMA

Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) Fenomenologi Agama berupaya menelaah atau mengkaji berbagai fenomena hidup beragama secara kritis. Dalam rangka itu, yang harus dilakukan fenomenologi agama adalah: pertama, fenomenolog harus memberikan nama-nama pada yang tampak, misalnya: kurban, doa, Sang Penyelamat, mitos, ritus, simbol, dst. Dengan cara ini, fenomenologi memerlukan apa yang tampak. Kedua, ia harus menyisipkan apa saja yang tampak itu di dalam hidupnya sendiri dan mengalaminya (menggumulinya) secara sistematis. Ketiga, ia harus menunggu dan berusaha mengamati apa yang tampak sembari menunjukkan sikap “penangguhan” intelektual. Keempat, ia mencoba menjelaskan apa yang telah dilihat sembari tetap menggabungkan semua kegiatannya dengan yang sebelumnya,dan kemudaian berusaha menangkap makna mendasar dari apa yang telah tampak. Akhirnya, fenomenologi harus menghadapi kenyataan yang chaos, serta tanda-tanda kenyataan yang belum ditafsirkan, dan akhirnya memberikan kesaksian tentang apa yang sudah ia mengerti. Kendati demikian, semua jenis masalah yang mungkin sangat menarik dalam dirinya sendiri harus ditiadakan. Dengan begitu, fenomenologi tidak tahu apa-apa tentang “perkembangan” historis agama, apa lagi tentang “asal-usul” agama. Tugas abadinya ialah membebaskan dirinya dari setiap pendirian non-fenomenologis dan mempertahankan kemerdekaannya sendiri, sembari selalu berusaha memperjuangkan agar posisi dirinya (nilai dirinya) selalu baru.

MKU008 ETIKA

Sebagai salah satu cabang dari Filsafat, Etika membahas dan mendalami secara kristis masalah-masalah pokok Filsafat Moral. Dengan menggunakan (khususnya) metode kritis dan fenomenologis mahasiswa diajak untuk mendalami : problem etik kontemporer, kebebasan dan tanggung jawab, kesadaran moral, teori-teori etika normatif, kebajikan etis moral, dan etika terapan. Berhadapan dengan menguatnya arus globalisasi yang salah satunya melahirkan pluralitas kehidupan moral, etika diharapkan dapat membantu mahasiswa membangun pribadi yang matang secara moral. Mahasiswa diajak untuk membangun pendirian (moral); dibantu untuk menentukan orientasi hidup, serta memiliki sikap kritis dan objektif dalam menghayati kehidupan moralitasnya.

MKU009 BAHASA INDONESIA

Mahasiswa mempelajari tata Bahasa Indonesia agar dapat menerapkan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar.

MKU010 BAHASA INGGRIS

Melatih mahasiswa mengenal, memahami dan menggunakan secara benar struktur kalimat bahasa Inggris dan memperkaya kosa kata bahasa Inggris mereka dalam bidang sosial, politik dan kebudayaan dan sekaligus melatih mereka mengungkapkan atau mengekspresikan pikiran dan gagasan mereka baik secara lisan maupun tertulis secara benar.

MKU011 ESTETIKA

Matakuliah Estetika memberi pemahaman konseptual filosofis ”seni” dalam khasanah keilmuan, pembentukan kesadaran ekologis juga dalam proses pembudayaan dan peradaban. Mata kuliah ini akan menjadi pondasi bagi mahasiswa untuk memahami dan mempraktekkan seni dari sudut pandang filsafat,sejarah, kultural dan global.

MKU012 LOGIKA

Mata kuliah pengembangan kepribadian Logika bertujuan mengajak mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan dasar berpikir ilmiah dan mengambil keputusan. Kemampuan berpikir akan diasah melalui pembelajaran metode berpikir ilmiah dasar yakni kemampuan untuk menggunakan langkah-langkah yang teratur dan terarah dalam menghadapi persoalan, mengambil kesimpulan atau keputusan. Langkah-langkah berpikir yang teartur dan terarah itu dipelajari dalam metode deduksi dan induksi. Metode deduksi mencakup pola berpikir implikatif dan silogisme. Metode induksi berkaitan dengan pola induksi analogikal dan hubungan kausal.

Metode deduksi dan induksi di atas diperlukan untuk mengambil kesimpulan dan keputusan dalam kerangka sains dan teknologi. Dalam pengambilan keputusan tersebut diperlukan sikap teliti, kritis dan lurus. Sikap teliti dan kritis tersebut ditampilkan dalam kemampuan membuat klasifikasi/kategori, menganalisa sesuatu hal, dan merumuskan pengetahuannya dalam bentuk definisi. kemampuan mengidentifikasi pernyataan dan mengambil kesimpulan berdasarkan relasi antar pernyataan. Kemampuan memilah-milah mana pernyataan yang benar secara rasional/logis, dan mana pernyataan yang salah kaprah atau mana pernyataan yang ‘membenarkan’ kepentingan.

SPO105 ASAS-ASAS MANAJEMEN

Manajemen merupakan sebuah cara untuk mencapai tujuan melalui orang lain (Mary Parker Follet). Fungsi-fungsi manajemen meliputi perencanaan, pengorganisasian (termasuk penataan personil), pengarahan, dan pengendalian usaha manusia yang tengah mendayagunakan sumberdaya baik manusia maupun non-manusia guna mencapai tujuan organisasisecara efektif dan efisien. Mata kuliah ini dimaksudkan untuk mengajak mahasiswa mengkaji pengetahuan dan pengertian dasar manajemen mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga pada pengendalian.

SPO111 SOSIOLOGI

Setiap hari orang terlibat dalam berbagai peristiwa sosial bersama dengan orang lain, melakukan aktivitas secara teratur, dengan pola yang relatif sama, yang pada akhirnya membangun tatanan sosial (social order) yang terstruktur dan teratur. Pada saat yang sama, perubahan terjadi setiap hari, baik yang disebabkan oleh proses dinamis internal masyarakat, maupun yang disebabkan oleh kekuatan eksternal seperti perang dan bencana alam. Mata kuliah ini mempelajari peristiwa sosial sehari-hari, baik berupa tatanan sosial (social order) yaitu berbagai aspek statik masyarakat yang relatif tetap dan sulit mengalami perubahan, maupun perubahan sosial (social change), yaitu aspek dinamik masyarakat. Dengan menggunakan sociological imagination dari C.Wright Mills, mahasiswa diajak untuk mendeskripsikan dan menganalisis realitas sosial, baik yang berhubungan dengan sektor publik, sektor bisnis, maupun hubungan internasional sesuai dengan program studi yang mereka ambil.

SPO112 SOSIAL BUDAYA INDONESIA

Sosial Budaya Indonesia merupakan salah satu bidang kajian dasar dalam studi ilmu sosial, politik dan budaya. Ruang lingkup dan materi Sosial Budaya Indonesia meliputi pemahaman dasar mengenai konsep dan teori yang berhubungan dengan masyarakat sebagai suatu sistem dan sejumlah kasus nyata yang terjadi dalam masyarakat Indonesia sebagai masyarakat majemuk.

Konsep dasar yang dibahas dalam mata kuliah ini meliputi hakekat studi ilmu pengetahuan sosial budaya, konsep nasionalisme, konsep multikulturalisme, konsep kehidupan sosial dan budaya sebagai suatu sistem, konsep dinamika sosial dan kebudayaan.

Dalam mata kuliah ini juga dibahas mengenai sistem sosial budaya dalam perspektif teoritis yang mencakup fenomena sosial budaya dalam perspektif toeri fungsional struktural dan neo-fungsional; sistem sosial budaya dalam perspektif teori konflik dan neo-Marxian, sistem sosial budaya dalam perspektif teori interaksionis simbolik; sistem sosial budaya dalam perspektif teori fenomenologi; sistem sosial budaya dalam perspektif teori postmodern; sistem sosial budaya dalam perspektif teori integrasi. Pemahaman teori-teori tersebut diaplikasikan pada sejumlah kasus yang sedang berlangsung dalam sistem sosial budaya Indonesia melalui diskusi dan presentasi mahasiswa.

SPO113 ILMU POLITIK

Ilmu Politik merupakan kajian akademik yang meliputi deskripsi, eksplanasi dan evaluasi mengenai fenomena politik yang diarahkan untuk menyelesaikan problematika politik. Materi perkuliahan Kewirausahaan Publik meliputi: Kontrak Perkuliahan serta Pengertian dan Konsep Politik, Definisi Politik dan Konsep-konsep Dasar Politik, Pendekatan-pendekatan Politik, Kebaikan bersama dan ideologi, Kekuasaan, Kewenangan dan Legitimasi, Perilaku dan Partisipasi Politik, Kelompok Kepentingan dan Sistem Perwakilan, Partai Politik dan Sistem Kepartaian, Sistem Pemilihan Umum, Hak Asasi Manusia dan Demokrasi serta Konflik dan Kekerasan.

SPO114 POLITIK INDONESIA

Perkuliahan ini mencoba untuk menghantarkan pesertanya guna memahami gejala sosial-politik di Indonesia dalam kerangka berpikir tingkah laku aktor politik baik dalam konteks interaksi individu maupun kelompok atau dengan kata lain aspek dinamis dari sistem politik di Indonesia.

SPO116 PEREKONOMIAN INDONESIA

Perkuliah perekonomian Indonesia memberikan eksplanasi mengenai lingkungan strategik yang memberikan pengaruh terhadap kondisi dan alternatif kebijakan ekonomi yang diambil. Selain itu, mata kuliah ini mengulas dinamika perkembangan perekonomian Indonesia sejak zaman penjajahan hingga pada saat ini. Dalam setiap tahap perkembangan diulas mengenai kebijakan ekonomi yang menjadi prioritas dan argumen di balik kebijakan tersebut serta implikasinya terhadap kondisi perekonomian masyarakat Indonesia.

SPO117 ILMU EKONOMI

Ilmu Ekonomi merupakan kajian mengenai konsep-konsep dalam ilmu ekonomi. Pembahasan mata kuliah ini meliputi: pengertian ekonomi, mekanisme pasar (permintaan dan penawaran),konsep elastisitas, teori perilaku produsen, teori perilaku konsumen, teori produksi, teori biaya produksi, Keseimbangan perusahaan. Konsep dasar makro ekonomi yang merupakan masalah utama makro ekonomi, pendapatan nasional, perekonomian sederhana (2 sektor), perekonomian 3 sektor, ekonomi internasional, dan ekonomi pembangunan.

SPO118 HUKUM INDONESIA

Hukum Indonesia merupakan kajian akademik yang meliputi deskripsi, eksplanasi dan evaluasi mengenai fenomena hukum di Indonesia yang diarahkan untuk menyelesaikan problematika hukum.

SAP101 PENGANTAR ILMU ADMINISTRASI PUBLIK

Pengantar Ilmu Administrasi Publik adalah kajian akademik yang meliputi deskripsi, eksplanasi dan evaluasi terhadap proses implementasi kebijakan publik dan pengaturan sumberdaya serta pemanfataannya untuk menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi publik. Pembahasan mata kuliah ini meliputi: teori dan konsep administrasi publik, perkembangan studi ilmu administrasi publik, konteks politik administrasi publik, konteks interorganisasional administrasi publik, etika birokrasi dan pelayanan publik, mendesain dan mengelola organisasi publik, perencanaan, implementasi dan evaluasi kebijakan publik, penganggaran dan manajemen keuangan sektor publik, manajemen sumberdaya manusia, kepemimimpnan dan kemampuan mengelola organisasi publik, reformasi administrasi dan pemanfaatan teknologi informasi pada sektor publik serta masa depan pelayanan publik.

SAP102 KEBIJAKAN PUBLIK

Kebijakan Publik merupakan sub-kajian Administrasi Publik yang meliputi deskripsi, eksplanasi dan evaluasi terhadap proses formulasi, implementasi dan evaluasi kebijakan kebijakan publik yang diarahkan pada upaya menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi publik. Pembahasan mata kuliah ini meliputi: Konsep Dasar Kebijakan Publik, Hubungan antara politik dengan kebijakan publik, aktor dan institusi dalam kebijakan publik, proses kebijakan publik, analisis kebijakan, implementasi kebijakan, analisis impak, evaluasi program, desain kebijakan, penelitian dalam kebijakan publik dan perkembangan studi kebijakan publik.

SAP103 KEUANGAN PUBLIK

Keuangan publik adalah mata kuliah yang mempelajari aktivitas finansial pemerintah, peran pemerintah dalam perekonomian, dan hubungan keuangan antara pemerintah pusat – daerah melalui instrumen kebijakan dan anggaran untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi. Materi kuliah dari keuangan publik mencakup hakekat keuangan publik, teori pendapatan dan pengeluaran negara, tujuan pendapatan dan pengeluaran negara, strategi pemerintah dalam mengalokasikan serat mendistribusikan sumber daya, strategi pemerintah untuk menstabilkan perekonomian, pelaporan dan pertanggungjawaban keuangan pemerintah.

SAP104 TEORI ORGANISASI PUBLIK

Teori organisasi publik merupakan salah satu bidang kajian penting dalam studi administrasi publik. Teori organisasi publik berusaha menggambarkan, menjelaskan, dan mengevaluasi organisasi publik pada tingkat makro dengan menekankan struktur organisasional sebagai faktor determinan untuk mencapai tujuan organisasional secara efektif dan efisien. Materi kuliah dari teori organisasi publik mencakup hakekat teori organisasi publik, perbedaan organisasi publik dan organisasi privat, teori-teori primer dalam memahami organisasi publik, tujuan organisasional dan efektivitas, lingkungan organisasional dan interaksi organisasi dengan lingkungannya, struktur dan disain organisasi, budaya organisasi, serta inovasi dan kreativitas organisasi publik, reformasi birokrasi dan perubahan, dan kinerja organisasi publik.

SAP015 MANAJEMEN PUBLIK

Manajemen Publik merupakan sub-kajian dari disiplin ilmiah administrasi publik. Manajemen Publik adalah kajian akademik yang meliputi deskripsi, eksplanasi dan evaluasi manajemen pada sektor publik dalam penyediaan barang publik dan penyelenggaraan pelayanan publik. Materi perkuliahan Manajemen Publik meliputi: Pengertian Manajemen Publik, Manajemen Strategik pada Organisasi Sektor Publik, Pemasaran pada Organisasi Sektor Publik, Kontrak dalam Pelayanan Publik, Manajemen Keuangan pada Organisasi Sektor Publik, Manajemen Sumberdaya Manusia dalam Sektor Publik, Manajemen Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Organisasi Sektor Publik, Manajemen dan Pengukuran Kinerja pada Organisasi Sektor Publik, Manajemen Kualitas dalam Organisasi Sektor Publik, Manajemen Proses dalam Organisasi Sektor Publik serta Pengawasan, Inspeksi dan Audit pada Sektor Publik.

SAP201 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI KEBIJAKAN PUBLIK

Implementasi dan Evaluasi Kebijakan Publik merupakan sub-kajian Administrasi Publik yang meliputi deskripsi, eksplanasi dan evaluasi terhadap proses implementasi dan evaluasi kebijakan publik yang diarahkan pada upaya menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi publik. Pembahasan mata kuliah ini meliputi: Konsep Dasar Implementasi Kebijakan Publik, Posisi Studi Implementasi, Teori Implementasi Kebijakan Publik Top-Down dan Bottom-Up, Teori Sintesis dalam Implementasi Kebijakan, Kenaikan dan kejatuhan Paradigma Implementasi Kebijakan, Tata keola dan manajemen Implementasi Konsep Dasar Evaluasi Kebijakan, Evaluasi dalam Perencanaan, Peran evaluasi pada pembuatan keputusan, Peran evaluasi dalam penilaian impak dan Peran Evaluasi dalam meningkatkan kinerja Tata Kelola.

SAP202 PENGANGGARAN PUBLIK

Penganggaran publik adalah mata kuliah yang memberikan gambaran dan penjelasan kepada para mahasiswa tentang penyusunan dan penetapan anggaran publik, peran stake holders dalam proses penyusunan anggaran. Penerapan prinsip penganggaran dan model penganggaran. Hubungan antar stake holders dalam rangka mendukung pencapaian tujuan utama penganggaran yaitu stabilisasi fiskal makro, mendukung good governance, alokasi sumber daya sesuai prioritas dan pemanfaatan secara efektif dan efisien.

SAP203 PERILAKU ORGANISASI

Perilaku Organisasi merupakan sub-kajian Administrasi Publik yang meliputi deskripsi, eksplanasi dan evaluasi terhadap perilaku manusia dalam organisasi yang diarahkan pada upaya menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi dalam organisasi publik. Pembahasan mata kuliah ini meliputi: Introduksi pada Perilaku Organisasi di Sektor Publik, Pendekatan-Pendekatan Teori Organisasi, Motivasi dalam Organisasi, Kepemimpinan, Peran Perilaku: Individual dan Kelompok, Komunikasi, Pengambilan Keputusan, Partisipasi Pegawai dan Total Quality Management, Perubahan Organisasi, Penilaian Kinerja, dan Etika Manajemen.

SAP204 ADMINISTRASI PUBLIK INDONESIA

Administrasi Publik Indonesia merupakan sub-kajian dari disiplin ilmiah administrasi publik. Administrasi Publik Indonesia adalah kajian akademik yang meliputi deskripsi, eksplanasi dan evaluasi peran, fungsi, struktur dan proses administrasi publik di Indonesia. Materi perkuliahan Administrasi Publik Indonesia meliputi: konsep dan teori administrasi publik; dinamika administrasi publik di Indonesia; peran administrasi publik indonesia; lingkungan sosial-politik administrasi publik Indonesia; administrasi publik indonesia: fungsi, struktur dan proses; administrasi publik pada level lokal; pegawai negeri siplil Indonesia; anggaran dan prosedur anggaran; desentralisasi dan pemekaran wilayah; dan reformasi administrasi publik Indonesia.

SAP205 PEMERINTAHAN DAERAH

Mata Kuliah Pemerintahan Daerah menjadi sangat penting di pahami oleh seluruh anak bangsa mengingat menyangkut substansi yang faktual dan realistis dengan kehidupan sehari hari karena menyangkut kehidupan berpemerintahan dan bernegara khususnya dan bermasyarakat serta berbangsa pada umumnya. Mata kuliah ini menyangkut teori dasar tentang desentralisasi serta dukungan asas dekonsentrasi serta asas pembantuan/tampung tantra/mede bewind. Juga dikupas tentang hirarki pemerintahan berikut masing-masing skala urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan wajib dan pilihan, peran SKPD sebagai pelaksana otonomi Daerah dan BUMD, perbandingan Pemda antar beberapa negara, hubungan kordinasi, pengendalian, pengawasan, serta etika publik/asas-asas pemerintahan yang baik, hubungan lembaga legislatif dan eksekutif di daerah, proses perumusan dan penetapan Peraturan Daerah, pelaksanaan fungsi administrasi Pemerintahan Daerah, konsepsi kepemerintahan yang baik (khususnya agenda RB internal di Pemerintah Daerah) dan Pemerintahan Desa.

SAP206 HUKUM PUBLIK

Hukum Publik merupakan sub-kajian Administrasi Publik yang meliputi deskripsi, eksplanasi dan evaluasi terhadap hukum publik yang diarahkan pada upaya menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi masyarakat. Pembahasan mata kuliah ini meliputi: Introduksi tentang Hukum Publik, Karakteristik Konstitusi Indonesia, Sumber aturan Kebijakan, Pembagian Kekuasaan di Indonesia, Penegakkan Hukum di Indonesia, Kewenangan Mahkamah Konstitusi, Peran Parlemen di Indonesia, Peran Lembaga Legislatif di Indonesia, Hubungan antara pemerintah pusat dan daerah, Peran Dewan Perwakilan Daerah dan Peran Lembaga Peradilan di Indonesia.

SAP207 ANALISIS KEBIJAKAN PUBLIK

Analisis Kebijakan Publik merupakan sub-kajian Administrasi Publik yang meliputi deskripsi, eksplanasi dan evaluasi kebijakan publik yang diarahkan pada upaya menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi publik. Pembahasan mata kuliah ini meliputi: Analisis Kebijakan dalam Proses Pembuatan Kebijakan, Konteks historis analisis kebijakan, Kerangka Kerja Analisis Kebijakan, Argumen Kebijakan, Penstrukturan Masalah Kebijakan, Peramalan Masa Depan Kebijakan, Rekomendasi Aksi Kebijakan, Pengawasan hasil kebijakan dan Evaluasi Kinerja Kebijakan.

SAP208 AKUNTANSI PUBLIK

Perkuliahan ini memberikan pengetahuan (penguasaan ilmu) dan keterampilan di bidang akuntansi sektor publik. Produk dari akuntansi adalah informasi berupa Laporan Keuangan. Pengetahuan dan ketrampilan, bagi penyusun laporan keuangan, diperlukan agar penyajian informasi atas pengelolaan sumber daya publik, memenuhi standar akuntansi dan kaidah tata kelola pemerintahan yang baik. Sedangkan, bagi pengguna Laporan Keuangan, diperlukan, agar memiliki kemampuan dalam menilai akuntabilitas penyusunnya dalam mengelola sumberdaya publik dan dapat dijadikan dasar dalam pengambilan keputusan. Kuliah ini menekankan baik pengembangan substansi maupun keterampilan. Substansi bersumber dari literatur yang digunakan dan standar akuntansi yang berlaku umum, sedangkan keterampilan dihubungkan dengan teknik akuntansi yang berlaku di Pemerintah Pusat/Daerah di Indonesia.

SAP209 PENGEMBANGAN ORGANISASI

Pengembangan Organisasi merupakan sub-kajian Administrasi Publik yang meliputi deskripsi, eksplanasi dan evaluasi pengembangan organisasi yang diarahkan pada upaya menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi organisasi sektor publik. Pembahasan mata kuliah ini meliputi: Konsep Dasar Pengembangan Organisasi: Asumsi dan Nilai, Relevansi Pengembangan Organisasi, Hubungan Antara Administrasi Publik dengan Pengembangan Organisasi, Posisi Pengembangan Organisasi dalam Perkembangan Studi Administrasi Publik, Isu-isu perubahan, Proses pembelajaran, aksi dan riset tindakan, Kelompok, reformasi manajemen public dan pengembangan organisasi, Relasi Antara konflik dengan pengembangan organisasi, Relasi Antara konflik dengan pengembangan organisasi, Dialog dalam Pengembangan Organisasi, Nilai dasar dan Prospek dan Kekuasaan dan Politik.

SAP210 MANAJEMEN SUMBERDAYA MANUSIA SEKTOR PUBLIK

Manajemen Sumberdaya Manusia Sektor Publik merupakan sub-kajian Administrasi Publik yang meliputi deskripsi, eksplanasi dan evaluasi manajemen sumberdaya manusia yang diarahkan pada upaya menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi organisasi sektor publik. Pembahasan mata kuliah ini meliputi: Manajemen Sumberdaya Manusia di Sektor Publik dan Nirlaba, Manajemen Sumberdaya Manusia Stratejik dan Perencanaan, Lingkungan Legal dalam Manajemen Sumberdaya Manusia, Manajemen Keragaman Tenaga Kerja, Sukarelawan pada Sektor Publik dan Nirlaba, Analisis Pekerjaan, Rekrutimen dan Seleksi pada Sektor Publik dan Nirlaba, Manajemen Kinerja, Kompensasi, Pelatihan dan Pengembangan, Hubungan antara Pegawai dengan Manajemen dan Manajemen Sumberdaya Manusia Stratejik dan Teknologi.

SAP211 MANAJEMEN PEMBANGUNAN

Manajemen Pembangunan merupakan salah satu bidang kajian dalam studi administrasi publik. Mata kuliah ini mengkaji bagaimana fungsi-fungsi manajemen berperan dalam proses pembangunan. Manajemen pembangunan menggambarkan, menjelaskan berbagai program pembangunan dan menekankan aspek manajemen sebagai salah satu faktor penentu keberhasilan pembangunan. Materi kuliah Manajemen Pembangunan mencakup teori pembangunan, pembangunan dan pemberdayaan, kebijakan pembangunan, perencanaan-implementasi-evaluasi program pembangunan, program Millennium Development Goals (MDGs) 2000-2015 dan program pasca MDGs Sustainable Development Goals.

SAP212 METODE PENELITIAN SOSIAL

Metode penelitian sosial merupakan kajian ilmiah yang meliputi deskripsi, eksplanasi dan evaluasi terhadap penelitian ilmiah sosial yang diarahkan pada upaya menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi dalam sektor publik. Pembahasan mata kuliah ini meliputi: Pengenalan Dasar Penelitian Sosial, Masalah penelitian, Paradigma Penelitian dari Positivisme ke Kuantitatif, Kerangkan Teori dalam penelitian, Variabel penelitian, Hipotesis, Desain penelitian, Objek penelitian dan pengukuran, Subjek penelitian dan penarikan sampel, Pengumpulan data, Analisis data dan intepretasi dan Analisis Data Kuantitatif.

SAP213 STATISTIKA SOSIAL

Statistika Sosial merupakan salah satu bidang pengetahuan penting dalam studi ilmu administrasi publik. Statistika Sosial ini berusaha untuk menggambarkan dan menjelaskan berbagai fenomena empiris dalam organisasi publik pada tingkat makro dengan menekankan pada cara-cara mengumpulkan data, mengolah dan menganalisis data hasil penelitian sebagai upaya untuk memberikan sumbangan kesimpulan dan keputusan terhadap berbagai permasalahan pada administrasi publik. Materi kuliah dari Statistika Sosial akan mencakup konsep dan definisi serta kegunaan Statistika Sosial, Statistika Deskriptif (Menghitung Ukuran Gejala Pusat: Rata-rata, Median, dan Modus,   Menghitung Ukuran Dispersi: Range, Std. Deviasi, Varians dan Koef. Variasi), Membuat Tabel Distrinbusi Frekuensi, Analisis Hubungan Antar Variabel (Regresi dan Koerelasi), Pengujian Hipotesis, Statistika Non Parametrik.

SAP301 PRAKTIK KEBIJAKAN PUBLIK

Perkuliahan ini memberikan penguasaan praktik dalam kebijakan publik terutama pengembangan kemampuan mahasiswa dalam menterjemahkan teori kebijakan ke dalam praktek kebijakan baik pada tahapan formulasi, implementasi maupun evaluasi kebijakan.

SAP302 PEMERIKSAAN PUBLIK

Perkuliahan ini memberikan pengetahuan (penguasaan ilmu) dan keterampilan di bidang audit sektor publik, khususnya di Pemerintahan. Pengetahuan berupa pemahaman akan konsep-konsep audit yang mengarahkan mahasiswa di dalam memahami pengambilan keputusan dalam audit dan pengumpulan bukti, sehingga mahasiswa trampil dalam menginterprestasikan laporan hasil audit yang diterbitkan oleh lembaga auditor.

SAP303 PELAYANAN PUBLIK

Pelayanan Publik merupakan sub-kajian Administrasi Publik yang meliputi deskripsi, eksplanasi dan evaluasi pelayanan publik yang diarahkan pada upaya menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Pembahasan mata kuliah ini meliputi: Teori Peningkatan Pelayanan Publik, Lingkungan Organisasi, Regulasi Pelayanan Publik, Perencanaan Strategis, Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Majemen Sumberdaya Manusia, Inovasi, Kolaborasi, Organizational Learning, Refleksi terhadap Teori Peningkatan Pelayanan Publik.

SAP304 PERENCANAAN STRATEGIK

Perencanaan Strategik merupakan sub-kajian Administrasi Publik yang meliputi deskripsi, eksplanasi dan evaluasi perencanaan yang diarahkan pada upaya menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi dalam penyelenggaraan pelayanan publik dan penyediaan barang publik. Pembahasan mata kuliah ini meliputi: Konsep Dasar Strategik, Isu-isu Kontemporer dalam Perencanaan Strategik, Audit Eksternal Strategik, Audit Internal Strategik, Pilihan Strategi, Evaluasi Pengendalian dalam Perencanaan Strategik, Model Proses Perencanaan Strategik di Sektor Nirlaba, Pasar Strategik untuk Sektor Publik dan Nirlaba, Kerangka Kerja Global dalam Perencanaan dan Proses Reformasi Pasar.

SAP305 KEPEMIMPINAN

Kepemimpinan merupakan sub-kajian ilmu administrasi publik yang meliputi deskripsi, eksplanasi dan evaluasi terhadap kepemimpinan yang diarahkan pada upaya menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi dalam sektor publik. Pembahasan mata kuliah ini meliputi:Pemimpin dan Kepemimpinan, Tugas, Fungsi dan Peran Kepemimpinan, Gaya kepmimpinan, Perilaku Kepemimpinan, Kepemimpinan dan Manajemen, Kepemimpinan dan Kekuasaan, Kepemimpinan birokrasi, Kepemimpinan dan Motivasi, Kepemimpinan dan Pengambilan Keputusan, Kepemimpinan dan konflik dan Kepemimpinan dan Kinerja Pelayanan.

SAP306 COMMUNITY DEVELOPMENT

Community development (pemberdayaan masyarakat) dirumuskan sebagai suatu proses evolusi terencana dalam segala aspek (ekonomi, sosial, budaya, dsb), yang terkait dengan keberadaan suatu komunitas (Flo Frank dan Anne Smith, 2009). Dalam proses ini, anggota komunitas bekerja sama, mengambil langkah kolektif dan berupaya menemukan solusi untuk suatu masalah kritis yang mereka hadapi bersama. Mata kuliah mengajak para mahasiswa untuk menggunakan pendekatan inter-disiplin dalam memahami apa itu komunitas, baik yang bersifat geographical community (community of place), maupun non-geographycal community (community of interest dan community of practice). Para mahasiswa juga diajak untuk mengkaji model-model konseptual tentang bagaimana proses community development dilakukan; serta mengajak mereka untuk menggunakan model-model tersebut dalam komunitas mereka masing-masing. Bagian pertama perkuliahan digunakan untuk membahas teori, konsep dan model-model konseptual community development. Bagian kedua perkuliahan digunakan untuk menerapkan model-model konseptual yang dipelajari dalam komunitas masing-masing.

SAP307 PRAKTIK METODE PENELITIAN ADMINISTRASI PUBLIK

Mata kuliah praktik Metode Penelitian Administrasi Publik merupakan mata kuliah praktikum yang memberikan ruang bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan pengetahuan yang didapatkannya melalui perkuliahan Metode Penelitian Sosial dan statistika sosial. Melalui perkuliahan ini diharapkan dapat mempersiapkan mahasiswa dalam hal menyusun proposal penelitian dan melaksanakan penelitian.

SAP308 PERBANDINGAN ADMINISTRASI PUBLIK

Eric E.Otenyo and Nancy S.Lind (2006) merumuskan Perbandingan Administrasi Publik (Comparative Public Administration) sebagai cabang Administrasi Publik yang berfokus pada analisis perbandingan proses-proses dan institusi-institusi administrasi publik. Mata kuliah ini memampukan mahasiswa menguasai dan menggunakan analisis perbandingan terhadap struktur, kultur, prosedur, figur serta kinerja sistem administrasi publik berbagai negara, baik negara maju maupun negara berkembang. Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa diharapkan semakin memiliki pemahaman tentang konsep, teori dan metodologi administrasi publik; serta memiliki wawasan tentang praktek administrasi publik dalam konteks yang berbeda.

SAP309 KOMUNIKASI PUBLIK

Komunikasi Publik salah satu bidang kajian dalam studi administrasi publik. Mata kuliah memberikan pengetahuan dan ketrampilan komunikasi, keduanya dapat digunakan untuk menganalisis, mendukung berbagai aspek tata pemerintahan (governance). Komunikasi publik menjelaskan berbagai proses komunikasi dan menekankan aspek komunikasi sebagai salah satu sebagai faktor penentu kelancaran tata pemerintahan. Materi kuliah Komunikasi Publik mencakup teori komunikasi, jenis komunikasi, dimensi komunikasi, komunikasi politik, teknologi komunikasi, kebijakan komunikasi, teknik komunikasi lisan dan tulisan.

SAP310 GOOD GOVERNANCE AND CORRUPTION ISSUES

Mata Kuliah GGCI sebagai Mata Kuliah yang relatif baru sangat relevan dengan kepentingan negara-negara berkembang seperti Indonesia; mata kuliah ini mengupas tentang perbedaan konsepsi antara Pemerintah, Pemerintahan dan Kepemerintahan serta masing-masing Peranan dan Fungsinya, konsepsi menurut UNDP, Bappenas dan World Bank . Kemudian mempelajari tentang posisi dan fungsi dari Pemerintah, sektor swasta dan Masyarakat dalam konteks membangun kebertanggungjawaban pada sistem berpemerintahan, berbangsa dan bernegara, karakteristik dan prinsip-prinsip Good Governance di hubungkan dengan Asas-asas umum Pemerintahan yang baik. GGCI pada intinya menyangkut manajemen perubahan dan atau Reformasi Birokrasi dalam menghadapi maraknya fenomena dan rumusan penyebab korupsi, faktor penyebab korupsi, kategori korupsi, kolusi dan nepotisme di birokrasi, depolitisasi birokrasi dan dampaknya.

Mata kuliah ini juga membahas tentang pentingnya diskresi sebagai kebijakan untuk mengembangkan implementasi Good Governance seperti dalam pemberian peluang peran serta dunia swasta dan komponen masyarakat dalam menyediakan layanan barang dan jasa.

SAP311 ETIKA ADMINISTRASI PUBLIK

Etika Administrasi Publik merupakan sub-kajian ilmu administrasi publik yang meliputi deskripsi, eksplanasi dan evaluasi terhadap etika administrasi yang diarahkan pada upaya menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi dalam sektor publik. Pembahasan mata kuliah ini meliputi: Etika, Pengakuan Perspektif Etis, Pengambilan Keputusan sebagai Logika Etika, Etika Kepemimpinan, Kode Etik dan Standar, Etika Penegakkan Hukum, Etika dalam Sistem Koreksi, Etika dalam Sistem Hukum, Etika dalam Jabatan Publik, Etika dalam Pelayanan Publik dan Etika Pendidikan dan Pelatihan.

SAP312 ISU-ISU PUBLIK

Matakuliah ini mengkaji berbagai isu publik yang dibedakan secara tajam dengan isu individual dengan menggunakan konsep sociological imagination yang dipinjam dari C.Wright Mills. Dalam mata kuliah ini, kata isu digunakan sebagai padanan dari kata masalah atau topik bahasan, yaitu suatu gagasan utama (main idea) dari suatu kajian atau penelitian ilmiah; sedangkan kata publik menunjuk pada orang banyak, atau masyarakat, yang secara politis diwakili oleh kehadiran negara. Matakuliah ini mengajak mahasiswa untuk merumuskan secara konseptual bagaimana isu-isu publik dibedakan dari individual troubles. Secara metodologis, mata kuliah ini membahas tiga pendekatan tentang bagaimana masalah publik dapat diidentifikasi dan dianalisis. Selain itu, para peserta kuliah diberi kesempatan untuk melakukan sendiri sebuah analisis mengenai salah satu masalah publik pilihannya yang dianggap strategis bagi pemahaman teori dan praktek administrasi publik.

SAP314 SEMINAR

Seminar merupakan mata kuliah pendampingan bagi mahasiswa yang telah menempuh mata kuliah metode penelitian sosial, statistika sosial dan praktik metode penelitian administrasi publik. Syarat lainnya, mahasiswa harus lulus minimal 108 SKS untuk dapat menempuh mata kuliah ini. Proses pendampingan dilakukan oleh Dosen pembimbing yang ditunjuk oleh Program Studi berdasarkan kemampuan dan minat masing-masing Dosen terhadap topik penelitian yang diajukan oleh mahasiswa. Sepanjang satu semester mahasiswa di bawah arahan Dosen Pembimbing menyusun proposal penelitian dan diujikan pada akhir semester. Proses pengujiannya dilakukan dengan cara mahasiswa mempresentasikan rancangan penelitian yang disusunnya dihadapan dosen pembimbing.

SAP315 KULIAH KERJA LAPANGAN

Kuliah Kerja Lapangan merupakan bagian integral dari proses pendidikan yang mempunyai ciri-ciri khusus. Sesuai dengan model Kuliah Kerja Lapangan yang dikembangkan forum Kuliah Kerja Lapangan Tematik Perguruan Tinggi se-Jawa Barat, maka orientasi program kegiatan Kuliah Kerja Lapangan terfokus pada permasalahan dan arah kebijakan pemerintah pada wilayah lokasi Kuliah Kerja Lapangan. Dalam pelaksanaannya mahasiswa akan dibagi ke dalam sejumlah kelompok. Masing-masing kelompok tinggal di lokasi Desa yang telah dipersiapkan oleh tim Dosen Pendamping Kuliah Kerja Lapangan selama empat puluh hari. Dalam masa tersebut mahasiswa mengerjakan program kelompok dan tugas individual yang diserahkan pada akhir masa Kuliah Kerja Lapangan untuk mendapatkan penelitian. Terkait dengan tugas individual, mahasiswa diarahkan untuk melaksanakan penelitian lapangan di bawah supervisi dosen pendamping lapangan.

SAP316 ICT FOR PUBLIC ADMINISTRATION

ICT for Public Administration merupakan sub-kajian ilmu administrasi publik yang meliputi deskripsi, eksplanasi dan evaluasi terhadap penerapan teknologi komunikasi dan informasi pada sektor publik yang diarahkan pada upaya menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi dalam sektor publik serta peningkatan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik. Pembahasan mata kuliah ini meliputi: Interaksi Warganegara dengan Pemerintah, Konstruksi Website Pemerintah, ICT dan Transparansi Pemerintah, Pemerintah dan Multi-Kanal, Transformasi Pelayanan Publik, ICT dan Desain Kebijakan, Kolaborasi Komunitas melalui Electronic Government, ICT dalam Sistem Dukungan Pengambilan Keputusan, Penerapan Electronic Government pada level Pemerintah Lokal, Penerapan Electronic Government dalam hubungan antara Pemerintah dengan Sektor Pasar dam Perkembangan dan Perubahan electronic Government.

SAP401 SKRIPSI

Skripsi merupakan karya tulis ilmiah hasil penelitian untuk memenuhi persyaratan memperoleh status kesarjaan pada Program Studi Ilmu Administrasi Publik Universitas Katolik Parahyngan. Sebagai karya tulis ilmiah skripsi merupakan suatu paparan tulisan hasil penelitian yang membahas suatu masalah dalam bidang Ilmu Administrasi Publik dengan menggunakan kaidah-kaidah yang berlaku. Skripsi disusun dengan menggunakan prosedur dan ttata cara yang sistematik dengan acuan dan kebenaran yang berlaku dalam dunia akademik.

SAP411 NON-GOVERNMENT ORGANIZATION

Non-government organization merupakan sub-kajian dari disiplin ilmiah administrasi publik. Non-government organization adalah kajian akademik yang meliputi deskripsi, eksplanasi dan evaluasi peran bantuan yang diberikan organisasi non-pemerintah pada sektor publik dalam proses penyelesaian masalah publik dan pemenuhan kebutuhan publik melalui penyediaan barang publik dan penyelenggaraan pelayanan publik. Materi perkuliahan Non-government organization meliputi: Pengertian Organisasi Non-pemerintah, Konteks Historis Organisasi Non-pemerintah, Organisasi Non-Pemerintah dan Teori Pembangunan, Organisasi non-pemerintah dan Praktek Pembangunan, Peran Organisasi non-pemerintah dalam Pembangunan, Organisasi non-pemerintah dan Masyarakat Sipil, Organisasi non-pemerintah dan Globalisasi, Organisasi non-pemerintah dan Sistem Bantuan, Organisasi non-pemerintah dan Aksi Kemanusiaan Internasional serta Tinjauan terhadap Perkembangan Organisasi non-pemerintah.

SAP412 MANAJEMEN ASET

Manajemen aset adalah mata kuliah yang memberikan gambaran dan penjelasan kepada para mahasiswa tentang perencanaan pengadaan aset, penghapusan aset pemerintah, dan pemanfaatan aset pemerintah. Manajemen aset juga membantu pengambil keputusan dalam organisasi publik dalam memenuhi kebutuhan pelayanan publik secara efektif dan efisien antara kebutuhan aset dengan jenis pelayanan publik yang diberikan.

SAP413 PEMBANGUNAN EKONOMI LOKAL

Pembangunan Ekonomi Lokal merupakan sub-kajian ilmu administrasi publik yang meliputi deskripsi, eksplanasi dan evaluasi terhadap pembangunan ekonomi pada tingkat lokal yang diarahkan pada upaya menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi dalam sektor publik serta pemenuhan kebutuhan publik. Pembahasan mata kuliah ini meliputi: Pendekatan Lokal Lestari, Perubahan Konteks Pembangunan Ekonomi Lokal, Perubahan Konteks Kebijakan Lingkungan untuk Aksi pada Tingkat Lokal, Integrasi Pembangunan Ekonomi dengan Strategi Lingkungan pada Tingkat Lokal, Regenerasi Lestari dan Ekonomi dan Integrasi Pembangunan Ekonomi dan Lingkungan.

SAP414 MANAJEMEN PROYEK

Proyek adalah sebuah usaha unik untuk menghasilkan sebuah hasil kerja (deliverables) yang spesifik dalam kerangka waktu, biaya dan kualitas yang sudah ditentukan. Mata kuliah ini memberikan keterampilan kepada para mahasiswa untuk menggunakan model konseptual dan perangkat kerja (tool kit dan soft-ware) tertentu dalam mengelola sebuah proyek. Bagian pertama perkuliahan digunakan untuk membahas mengenai model konseptual dan perangkat kerja tertentu yang dapat digunakan untuk mengelola sebuah proyek. Bagian kedua perkuliahan ini memberi kesempatan kepada para mahasiswa untuk menggunakan kerangka konseptual dan perangkat kerja dalam mengelola sebuah proyek. Mata kuliah ini juga dimaksudkan sebagai persiapan bagi para mahasiswa yang bermaksud menjadi professional project manager dengan mengambil sertifikasi Project Management International.

SAP415 SOCIAL MARKETING

Social Marketing merupakan sub-kajian ilmu administrasi publik yang meliputi deskripsi, eksplanasi dan evaluasi terhadap pemasaran sosial yang diarahkan pada upaya menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi dalam sektor publik serta pemenuhan kebutuhan publik.

SAP421 EKONOMI POLITIK PEMBANGUNAN

Ekonomi Politik Pembangunan merupakan sub-kajian ilmu administrasi publik yang meliputi deskripsi, eksplanasi dan evaluasi terhadap ekonomi politik pembangunan yang diarahkan pada upaya menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi dalam sektor publik serta pemenuhan kebutuhan publik. Pembahasan mata kuliah ini meliputi: Konsep Dasar Ekonomi Politik, Paradigma dan Sistem Ekonomi Politik, Teori ekonomi Politik Baru, Teori Organisasi dan Tindakan Kolektif, Teori Pilihan Publik, Pilihan Publik dan Aplikasinya, Fungsi Pilihan Publik dalam Kebijakan Ekonomi, Rent Seeking dalam Teori Pilihan Publik, Teori Birokrasi dan Peran Negara, Ekonomi Politik Kelembagaan dan Korporatisme dan Implikasinya.

SAP422 RESOLUSI KONFLIK

Matakuliah ini memahami konflik sebagai sebuah bentuk interaksi negatif antara seorang individu yang satu dengan individu lain atau satu kelompok dengan kelompok yang lain, di mana masing-masing fihak berusaha meniadakan fihak lainnya. Setelah mengikuti mata kuliah ini para mahasiswa diharapkan mampu memahami konflik sebagai salah satu hakekat alamiah dalam kehidupan bersama. Selain itu, para mahasiswa mampu memahami dan menggunakan model-model konseptual untuk menganalisis dan mengelola sebuah konflik, baik di tingkat individu, organisasi, maupun komunitas. Bagian pertama perkuliahan digunakan untuk membahas mengenai teori dan model-model konseptual pengelolaan konflik, sementara bagian kedua perkuliahan digunakan untuk menganalisis dan mengelola konflik yang menjadi pilihan mahasiswa.

SAP423 PENGUKURAN KINERJA PEMERINTAHAN

Mata Kuliah Pengukuran Kinerja Pemerintah dengan perolehan 2 (dua) SKS mengupas tentang bentuk akuntabilias publik dari badan publik; berangkat dari teori akuntabilitas, pengertian kinerja (menurut versi LAN/BPKP), perencanaan Kinerja, pengukuran kinerja dan evaluasi kinerja. Juga dibahas mengenai penentuan standar (perencanaan, pengukuran, dan evaluasi kinerja) indikator kinerja (kuantitatif dan kualitatif) pembangunan daerah (IPM)dan Evaluasi kinerja Pelaksanaan Otonomi Daerah (EPOD) serta LAKIP (Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) sebagai gambaran capaian prestasi SKPD di Daerah.

Pengukuran Kinerja Pemerintah juga menyangkut aspek kelembagaan yang secara fungsional bertanggungjawab melakukan pengukuran kinerja.

SAP424 KEWIRAUSAHAAN PUBLIK

Kewirausahaan Publik adalah sub-kajian dari disiplin ilmiah Administrasi Publik. Kewirausahaan publik merupakan kajian akademik yang meliputi deskripsi, eksplanasi dan evaluasi mengenai adopsi semangat kewirausahaan pada sektor publik dalam hal inovasi program publik yang diarahkan untuk menyelesaikan permasalahan publik dan pemenuhan kebutuhan publik. Materi perkuliahan Kewirausahaan Publik meliputi: Konsep Dasar Kewirausahaan, Konsep Dasar Kewirausahaan Publik, Dimensi-Dimensi Kewirausahaan Publik, Kerangka Kajian, Isu-Isu dan Masalah Kewirausahaan Publik, Aktor Wirausaha Pada Sektor Publik, Inovasi Pada Sektor Publik, Kewirausahaan Publik dan New Public Management (NPM), Mewirausahakan Birokrasi (Reinventing Government), Perubahan Organisasi, Adopsi Semangat Kewirausahaan Dalam Pelayanan Publik dan Etika Aktor Wirausaha Publik.

SAP425 MANAJEMEN BENCANA

Manajemen Bencana adalah sub-kajian dari disiplin ilmiah Administrasi Publik. Kewirausahaan publik merupakan kajian akademik yang meliputi deskripsi, eksplanasi dan evaluasi mengenai manajemen becana yang diarahkan untuk menyelesaikan masalah-masalah publik. Materi perkuliahan Manajemen Bencana meliputi: Sifat Dasar Resiko dan Krisis, Dorongan Manajemen Resiko dan Krisis, Menilai Resiko, Respon terhadap Resiko, Perencanaan berdasarkan Kemungkinan dan Persiapan Menghadapi Krisis, Manajemen Fase Akut Krisis, Paska-Krisis: Pengambil Keputusan Bertanggungjawab dan Belajar dari Kegagalan dan Manajemen Krisis dan Resiko dalam Dunia Global.